Pengertian serta kegunaan TWRP di smartphone android!!!

Pengertian serta kegunaan TWRP di smartphone android

Pengertian serta kegunaan TWRP di smartphone android Tidak bisa di pungkiri perkembangan dari suatu teknologi waktu ke waktu semakin ada kemajuan seperti Smartphone yang berbasis android.Smartphone juga memiliki Recovery bawaan untuk mengatur segala hal system yang bekerja pada suatu smartphone seperti update atau instalasi android, Factory Reset System dan pemulihan.
     Bukan hanya android, system atau software pendukung pun seperti Custom recovery pun berkembang yang di kembangankan oleh Team Win Recovery Project.Semenjak ada TWRP bisa memudahkan seseorang untuk mengakses modifikasi suatu smartphonenya untuk segala kebutuhan misalnya Update Android,ROOT, ROM resmi, Cusrom non official instalasi file image,MOD dan aplikasi tertentu Jika ingin menggunakanya.
Pengertian serta kegunaan TWRP
Kali ini saya akan membahas apa itu TWRP serta kegunaanya.Langsung saja simak penjelasanya secara detail di bawah ini:
  • Pengertian TWRP
     TWRP atau bisa disebut juga Team Win Recovery Project adalah suatu software Custom Recovery yang bertugas menjadi management akar atau pengendali pihak ke 3 suatu smartphone android.Custom Recovery dari TWRP sendiri memiliki fungsi lebih di banding Recovery bawaan suatu smartphone android untuk memudahkan pengguna serta sudah di lengkapi beberapa support terentu.
     TWRP sendiri terbagi menjadi dua yaitu TWRP official dan TWRP unofficial.
TWRP official yang berarti Resmi yang file image untuk pemasangan suatu TWRP bisa di dapatkan melalui Playstore. Dan TWRP unofficial berarti tidak resmi yang bisa di cari filenya di browser, contoh TWRP unofficial seperti Redwolf,Cofface dan masih banyak lagi.Setiap suatu smartphone android memiliki file image yang berbeda beda untuk setiap Recovery masing masing sesuai dengan merk atau brand suatu perusahaan.
Tampilan menu TWRP
Berikut adalah tampilan menu awal pas masuk mode TWRP:
Menu awal TWRP
Di situ terdapat menu utama Instal, Wipe, Backup, Restore, Mount, File manager, Advanced, dan Reboot. 
Kita akan membahas satu per satu setiap fungsi yang ada di setiap menu. 
-Instal
Instal
Instal atau pemasangan berfungsi untuk proses instalasi suatu sofware MOD, aplikasi, kernel dan ROM official atau pun Cusrom, Gapps xposed dan masih banyak lagi.Untuk instal sendiri di sini bisa melalui jenis file dengan format ZIP atau pun image.Untuk porses instalasi pilih file terus format yang di gunakan slide tunggu sampai proses selesai jika berhasil atau pun gagal biasanya akan ada pemberitahuan di atasnya seteleah proses berlangsung.
-Wipe
Wipe
Wipe yang berarti memformat atau menghapus data dalam suatu smartphone mulai dari data android, sampai data internal suatu smartphone.fungsi dari advance wife berguna untuk melihat daftar data yang akan di wipe atau yang bisa di wipe.
-Back up
Back up
Backup atau bisa di sebut juga mencadangkan, fungsi dari backup di TWRP sangat menarik karena bisa mencadangkan system atau data terentu secara terpisah dan bisa di pilih apa yang ingin di cadangkan tetap tersimpan di memori internal.
-Mount
Mount
Fungsi dari mount berguna untuk memuat penyimpanan ke sistem android yang ada di suatu smartphone.terdapat pilihan di menu mount seperti Data chache yang berguna untuk menampilkan memori internal yang ada di suatu smartphone jika di hubungkan melalui kabel USB ke suatu PC atau sistem lainnya.
-File manager
File manager
Berguna untuk memanajemen segala file yang ada di memori internal atau pun memori external yang ada di suatu smartphone android. 
-Advanced
Advanced
Ada beberapa sub menu di Advanced seperti:
  1. Copy Logs to SD=menyalin log atau aktivitas yang di lakukan di menu TWRP ke SD sama halnya dengan memberikan laporan segala aktivitas yang di lakukan pas di di menu TWRP. 
  2. Fix Context yang berbarti membenarkan context yang ada pada saat di menu TWRP.
  3. Terminal bisa di katakan sebagai tempat penghubung. 
  4. Set password:menyetel kata sandi untuk segala aktivitas yang di lakukan pada saat di menu TWRP
  5. Flashlight yang berguna seperti memberikan cahaya seperti Flash camera.
  6. Partition SD card untuk membuat partisi atau membagi ruang pada kartuSD pengguna.
  7. Spesial Action yang berarti menyetting aksis  yang spesial yang terdapat dalam suatu TWRP seperti support OTA dan lainnya.
-Reboot
Reboot
Reboot bisa di katakan memuat ulang atau merestar suatu perangkat smartphone.Di menu TWRP Reboot di sini di bagi berbagai pilihan seperti:
  1. Reboot system yang akan mulai ulang ke menu home suatu smartphone.
  2. Recovery akan mulai ulang ke mode Recovery. 
  3. Bootloader akan merestar ke droidboot atau SCSmode. 
  4. Theme akan merestar ke menu tema
  5. Power off akan memberikan perintah mematikan suatu perangkat android.

Sampailah di situ penjelasan tentang pengertian  dari TWRP.Di harapkan dapat memahami setiap bagian dari TWRP itu sendiri karena bersifat sensitif pada smartphone jika belum memahami betul apa itu TWRP.
Manfaat atau kegunaan TWRP di smartphone android
     Seperti yang saya sudah jelaskan sebelumnya di atas bahwa TWRP berarti custom Recovery yang sengaja di pasang pada smartphone android setelah adanya Recovery bawaan pada sebuah smartphone.Tentu dengan adanya custom recovery TWRP kita mendapatkan manfaat lebih atau kegunaan yang bisa di dapatkan seperti memback up data sebelumnya jika ingin merombak sistem yang ada pada smartphone jika proses rombak tersebut gagal kita dapat merestore atau membalikan seperti semula sebelumnya sistem pada smartphone di rombak.Selain itu juga TWRP yang sudah tersedia seperti sekarang biasanya sudah di lengkapi dengan fitur support OTA yang berarti memberikan support ketika kita mengupdate stock ROM yang di gunakan hanya OTA saja tanpa mendownload semua file yang di butuhkan seperti BIGOTA sehingga bisa menghemat penggunaan data internet.
Kegunaan utama TWRP
  • Dan di lanjutkan kegunaan TWRP sebagai berikut:
  1. Instalasi ROM.
  2. Instalasi Cusrom. 
  3. Akses ROOT. 
  4. Instalasi Xposed.
  5. Instalasi Gapps.
  6. Instalasi kernel.
  7. Instalasi MOD
  8. Back up data smartphone
  9. Restore
  10. Dan masih banyak lagi yang terkait dengan sistem android bisa di lakukan di TWRP.

Jadi itulah Pengertian dan kegunaan TWRP di smartphone android. Di sarankan untuk memahami terlebih dahulu sebelum instal TWRP di smartphone karena jika belum paham hal yang di takutkan data hilang atau bootloop.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan semoga bermanfaat.Terima kasih. 

Dapatkan informasi terbaru via email:

0 Response to "Pengertian serta kegunaan TWRP di smartphone android!!! "

Posting Komentar